Pages

arti teman

ini sebenernya kopian dari short essay saya yang merupakan tugas ospek saya.
maaf kalau isinya tidak bermutu.hhehe.. :)

Bagi saya, tiga hal terpenting dalam hidup adalah keluarga, temen, dan masa depan. Setiap manusia pasti membutuhkan teman. Menurut saya, definisi teman adalah setiap orang yang selalu ada disisi kita disaat suka dan duka, terutama saat kita membutuhkan mereka. Kehadirannya tidak harus secara bertatap muka, tetapi seorang teman yang baik pasti akan memberikan perhatian sekecil apapun itu.

Teman itu ada beberapa macam. Pertama, teman yang selalu ada disaat suka. Umumnya kita akan menyenangi kriteria teman yang seperti ini. Mereka adalah orang-orang yang dapat membawa suasana menjadi lebih ceria. Kita dapat menghabiskan waktu bersama seperti berjalan bersama, makan bersama, berbagi cerita, liburan bersama, dan hal-hal menyenangkan lainnya. Namun jenis teman seperti ini belum tentu ada disaat kita sedang terpuruk.

Berbeda dengan jenis teman yang kedua, yaitu teman dalam suka dan duka. Teman seperti ini jauh lebih bisa menghargai kita dan mengerti tentang kita secara mendalam. Kelebihan dari teman seperti ini adalah mereka akan selalu ada disaat teman dalam suka telah meninggalkan kita. Berarti kesetiaan mereka patut kita hargai sebesar-besarnya.

Namun tidak selamanya pertemanan itu berjalan menyenangkan, pasti akan timbul permasalahan-permasalahan tertentu. Contohnya adalah pertengkaran yang terjadi diantara dua sahabat karena adanya kesalahpahaman, perbuatan saling menusuk dari belakang antar teman, maupun keegoisan yang berujung pada tali pertemanan yang menjadi renggang atau bahkan putus.

Sebenarnya permasalahan tersebut tidaklah selalu menimbulkan dampak negatif, kurang baik, atau bahkan buruk. Pada faktanya, hal-hal tersebut dapat meningkatkan kedewasaan kita masing-masing dan menguji kualitas pertemanan yang telah kita bina sedari dulu.

Cara untuk mengatasi masalah itu sebenarnya cukup sederhana, tetapi pada praktiknya untuk melakukannya cukup sulit. Sebab tidak semua orang dapat menahan ego. Oleh karena itu, kita harus kembali memahami pentingnya arti persahabatan.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa di balik sesosok figur yang sukses itu biasanya selalu ada orang-orang yang mendukungnya. Bayangkan jika tidak ada teman sejati yang selalu mensupport, kita bisa kehilangan semangat dan merasa hampa.

Kehadiran teman akan menorehkan warna yang beraneka dalam kehidupan kita, seindah warna pelangi yang muncul setelah hilangnya tetesan hujan. Seperti pelangi, teman dapat memberikan warna merah, kuning, dan jingga. Namun ada juga teman yang hanya bisa memberi warna kelabu. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar "memilih" teman agar kita dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

0 comments:

Post a Comment